Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nabi Nuh Alaihissalam Berdakwah Selama Berapa Tahun

Nabi Nuh Alaihissalam Berdakwah Selama Berapa Tahun

Nabi Nuh Alaihissalam dikenal sebagai salah satu Nabi dan Rasul dalam agama Islam. Beliau adalah utusan Allah yang datang dengan misi menyampaikan ajaran yang benar kepada manusia. Berdasarkan sejarah, Nabi Nuh berdakwah selama berapa tahun? Mari kita pelajari lebih lanjut.

Nabi Nuh Alaihissalam adalah seorang Nabi yang hidup di masa yang sulit dan gelap. Keadaan manusia pada saat itu sangat memprihatinkan karena banyak yang melakukan dosa dan maksiat. Oleh karena itu, Nabi Nuh Alaihissalam ditugaskan oleh Allah untuk menyadarkan manusia tentang kebenaran agama. Namun, dakwah beliau tidaklah mudah. Beliau harus berjuang dan berdakwah selama 950 tahun lamanya agar tujuannya tercapai.

Target dari dakwah Nabi Nuh Alaihissalam adalah untuk menyampaikan ajaran tauhid atau keesaan Allah kepada manusia. Beliau ingin mengajak umat manusia untuk kembali ke jalan yang benar dan meninggalkan perilaku yang membinasakan. Selain itu, Nabi Nuh Alaihissalam juga ingin menyelamatkan manusia dari bahaya banjir besar yang akan datang sebagai azab dari Allah jika manusia tetap tidak mau memperbaiki diri.

Dari riwayat sejarah yang ada, Nabi Nuh Alaihissalam berhasil menyebarkan ajarannya dan membuat banyak orang mengikuti dakwahnya. Namun, ada juga yang menolak dan bergeming pada kepercayaannya masing-masing. Pada akhirnya, Allah mengutus banjir besar sebagai azab untuk manusia yang tidak mau mendengarkan dakwah Nabi Nuh Alaihissalam.

Nabi Nuh Alaihissalam Berdakwah Selama Berapa Tahun
"Nabi Nuh Alaihissalam Berdakwah Selama Berapa Tahun" ~ bbaz

Penyeruan Nabi Nuh Alaihissalam

Seperti yang kita ketahui, Nabi Nuh Alaihissalam adalah salah satu Nabi yang diutus oleh Allah SWT untuk menyampaikan dakwah. Beliau dikenal sebagai Nabi yang pertama kali diberi misi menyampaikan dakwah kepada umat manusia. Dakwah yang beliau sampaikan ialah mengajak umat manusia supaya beribadah hanya kepada Allah SWT dan meninggalkan kepercayaan mereka pada berhala.

Nabi Nuh Alaihissalam Selama Berapa Tahun Berdakwah?

Berdakwah tidaklah mudah, namun hal tersebut tidak membuat Nabi Nuh Alaihissalam kapok atau menyerah. Beliau terus berdakwah selama berapa tahun? Menurut sejarah, Nabi Nuh Alaihissalam telah berdakwah selama seribu tahun lebih. Dakwah beliau tersebut tidak hanya dilakukan di depan umatnya yang mendendangkan segala sesuatu tentang kepercayaan mereka pada berhala, tapi juga ia mengajak keluarganya sendiri yang termasuk dalam kaum yang menentangnya.

Mengapa Dakwah Nabi Nuh Alaihissalam Tidak Berhasil?

Setelah berdakwah selama seribu tahun lebih, mengapa dakwah Nabi Nuh Alaihissalam tidak berhasil? Hal itu disebabkan oleh keterlenaan manusia terhadap segala kebaikan yang diberikan oleh Allah SWT, hingga mereka melupakan kepercayaannya hanya kepada Allah SWT. Segala bentuk dakwah dan peringatan yang diberikan Nabi Nuh Alaihissalam tidaklah digubris apalagi dipercayainya.

Bagaimana Perjuangan Dan Kegigihan Nabi Nuh Alaihissalam?

Perjuangan dan kegigihan Nabi Nuh Alaihissalam dalam melakukan dakwahnya sungguh patut dijadikan contoh bagi setiap umat Nabi Muhammad SAW. Bahkan beliau menolong kaumnya selagi masih ada kesempatan meski kemudian bertindak keras dan mendapat azab sebab mengingkari dakwahnya. Bagi Nabi Nuh Alaihissalam, kesuksesan adalah ketika kita sadar akan tugas yang diberikan Allah SWT kepada kita dan dituntut untuk berbuat sesuatu terhadap itu.

Dakwah Nabi Nuh Alaihissalam Dalam Al Quran

Dalam kitab suci Al Quran, cerita tentang Nabi Nuh Alaihissalam seringkali dibahas di dalamnya. Allah SWT pun berfirman tentang perjuangan beliau dalam menyampaikan dakwah.

Dan sesungguhnya telah Kami utus Nuh kepada kaumnya, maka ia berkata: Wahai kaumku! Beribadahlah kepada Allah. Kamu tidak sekutu baginya. Sesungguhnya aku khawatir kamu akan ditimpa siksa yang pedih pada hari yang agung. (QS. Al-A'raf:59)

Kesimpulan

Melalui cerita dakwah Nabi Nuh Alaihissalam, kita tentunya dapat banyak pelajaran. Menyadari bahwa bertindak atau berdakwah harus mendapatkan izin dari Allah SWT serta mengetahui sasaran dan cara menyampaikannya supaya tepat sasaran. Semua ini menjadi bagian penting dalam menyampaikan tauhid dan mengajak manusia kepada apa yang sungguh benar yakni kepercayaan hanya kepada Allah SWT. Semoga kita selalu diberikan kemudahan dan kesabaran dalam melakukan dakwah, aamiin.

Nabi Nuh Alaihissalam Berdakwah Selama Berapa Tahun

Gambar

Nabi Nuh Alaihissalam Berdakwah Selama Berapa Tahun

Nabi Nuh Alaihissalam merupakan salah seorang nabi yang diutus Allah Subhanahu wa Ta'ala untuk menyampaikan risalah dan ajakan kepada kaumnya agar beriman dan kembali ke jalan yang benar. Beliau berdakwah selama 950 tahun menyeru bangsanya agar meninggalkan kemusyrikan dan menyembah Allah semata.

Menurut Al-Quran surat Al-A'raf ayat 59, Dan sesungguhnya Kami telah mengutus Nuh kepada kaumnya; lalu ia tinggal di antara mereka seribu tahun kurang lima puluh tahun. Kemudian mereka ditimpa banjir besar, padahal mereka adalah orang-orang yang zalim. Dari ayat ini kita dapat mengetahui Nabi Nuh Alaihissalam berdakwah selama 950 tahun lamanya sebelum terjadinya banjir besar sebagai hukuman dari Allah atas kezaliman kaumnya.

Target Dakwah Nabi Nuh Alaihissalam dan Pengajaran Bagi Kita

Pesan dari dakwah Nabi Nuh Alaihissalam sampai pada angkasa kemudian turun kembali ke bumi dengan harapan disambut oleh manusia yang mendengarkan. Namun sayangnya, kebanyakan dari pendengar dakwah tersebut menolak untuk taat dan mengambil peringatan hingga akhirnya menimbulkan bencana besar. Hal ini mengajarkan bahwa dakwah tidak hanya sebatas menyampaikan pesan, namun juga memperhatikan sikap dapat diterima atau tidak oleh pendengarnya.

Selain itu, kita juga dapat mengambil pengajaran tentang kesabaran Nabi Nuh Alaihissalam dalam berdakwah selama 950 tahun di tengah kecamuk segala macam halangan dan rintangan. Kita juga harus melakukan dakwah dengan tekad yang sama dan tanpa kenal lelah, hingga mendapatkan hasil atas usaha tersebut.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai berapa tahunnya Nabi Nuh Alaihissalam berdakwah. Semoga kita bisa meneladani kesabaran dan keteguhan hatinya dalam melakukan dakwah serta mendapat ridho Allah Subhanahu wa Ta'ala. Aamiin.

Siapa itu Nabi Nuh Alaihissalam dan berapa tahun beliau berdakwah?

Berdakwah merupakan tugas penting bagi para nabi dan rasul dalam menyebarkan agama Allah SWT. Salah satu nabi yang terkenal dengan misi dakwahnya adalah Nabi Nuh Alaihissalam. Berikut adalah beberapa pertanyaan dan jawaban mengenai Nabi Nuh Alaihissalam berdakwah selama berapa tahun:

1. Siapa itu Nabi Nuh Alaihissalam?

Nabi Nuh Alaihissalam adalah salah satu nabi dan rasul Allah SWT. Beliau diutus oleh Allah SWT untuk menyebarkan dakwah kepada umat manusia agar mereka kembali ke jalan yang benar.

2. Apa misi dakwah Nabi Nuh Alaihissalam?

Misi dakwah Nabi Nuh Alaihissalam adalah untuk menyeru umat manusia agar beribadah kepada Allah SWT semata, meninggalkan kesyirikan dan memperbaiki akhlak.

3. Berapa lama Nabi Nuh Alaihissalam berdakwah?

Nabi Nuh Alaihissalam berdakwah selama 950 tahun.

4. Bagaimana respon umat manusia terhadap dakwah Nabi Nuh Alaihissalam?

Mayoritas umat manusia saat itu menolak dakwah Nabi Nuh Alaihissalam. Mereka bahkan menganggap Nabi Nuh Alaihissalam sebagai orang gila dan mengejeknya.

Conclusion of Nabi Nuh Alaihissalam Berdakwah Selama Berapa Tahun

Walaupun mayoritas umat manusia saat itu menolak dakwah Nabi Nuh Alaihissalam, beliau tetap berdakwah selama 950 tahun. Hal ini menunjukkan keteguhan hati beliau dalam menyebarkan ajaran agama Allah SWT. Kita sebagai umat muslim diharapkan dapat mengambil hikmah dari perjuangan Nabi Nuh Alaihissalam dan selalu berusaha untuk menjadi dakwah yang baik di jalan Allah SWT. Semoga kita dapat menjadi umat yang taat dan istiqomah dalam menjalankan ajaran agama Islam. Aamiin.

Posting Komentar untuk "Nabi Nuh Alaihissalam Berdakwah Selama Berapa Tahun"